gototopgototop
____metropalembang.com____

informasi lowongan kerja terkinidapatkan informasinya DISINI

DIREKTORI dan pusat INFORMASI ... Wilayah Kota Palembang

... Hubungi Kami...

metropalembang™

Palembang - The Legendary City Perkiraan Cuaca
Perkiraan Cuaca

metro banner

Pemilu

sripoku

Jasa Pengecatan eramuslim Sumeks
Reset Map

 

Informasi Terpadu Kota Palembang

Jual Beli

 

Yayasan Panti Asuhan CAHAYA UMMI
Akte Notaris Merliansyah No.2/10 November
Jalan Seduduk Putih II RT.28 No.11 - Kompleks PMD - Samping SDN 62 Palembang - Kelurahan 8 Ilir - Kecamatan IT II Palembang
Telepon (0711) 4285051 - 0852 7444 826


Rumah Kos Putri - Graha 27
Home Media Center Perguruan Tinggi Universitas Sriwijaya
Universitas Sriwijaya PDF Print E-mail
Sunday, 05 September 2010 08:19

UNIVERSITAS SRIWIJAYA - The Research University

Universitas Sriwijaya didirikan pada 29 Oktober 1960 (Lambaran Negara Tahun 1960 No. 135) yang dikukuhkan melalui Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 1960. Peresmian berdirinya Universitas Sriwjaya dilakukan pada tanggal 3 November 1960, dalam upacara penandatanganan piagam pendirian oleh Presiden Soekarno dan disaksikan oleh Menteri PPK (Mr. Priyono) serta beberapa duta besar negara sahabat. Sebagai Presiden Universitas yang pertama diangkat Drg. M. Isa melalui Keputusan Presiden No. 696/M tahun 1960 tanggal 29 Okober 1960.

Untuk memenuhi tuntutan perkembangan, Universitas Sriwijaya kemudian merencanakan penambahan kampus, di luar kampus Bukit Besar yang sudah ada. Upaya ini dilakukan dengan membebaskan tanah seluas 712 hektar di kwasan Inderalaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (Sekarang masuk wilayaha Kabupaten Ogan Ilir-OI) pada tahun 1982. Pembangunan kampus baru ini dimulai pada tahun 1983 yang mendapat bantuan dana dari Asian Development Bank (ADB), dan secara fisik pembangunan baru dimulai pada tahun 1989 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 1993.

Gubernur Sumatera Selatan H Ramli Hasan Basri memberikan kuliah perdana, menandai awal kegiatan akademik di kampus baru Inderalaya ini pada tanggal 1 September 1993. Pemanfaatan sepenuhnya fasilitas di Kampus Inderalaya dilaksanakan dengan Keputusan Rektor pada bulan Januari 1995 dimana ditetapkan bahwa terhitung sejak tanggal 1 Februari 1995, semua kegiatan administrasi dan sebagian besar kegiatan akademik diselenggarakan di Kampus Inderalaya. Peresmian Kampus Unsri Indralaya yang sesungguhnya baru dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 1997 oleh Presiden Soeharto.

LAMBANG UNIVERSITAS SRIWIJAYA

logo UNSRI

Keterangan Lambang

  • Bunga Melati merupakan bunga suci melambangkan kemurnian, keanggunan, keluhuran, wibawa dan kesetiaan pada cita-cita.  Pada lambang digambarkan lima mahkota bunga (corolla) dengan warna kuning muda.  Lima mahkota bunga melambangkan Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia, sedangkan warna kuning muda melambangkan warna Universitas.
  • Bunga Seruni sebagai lambang yang paling tua ditemukan dalam sejarah Sriwijaya. Pada lambang digambarkan mahkota bunga (corolla) dari bunga yang terpilin (marginal flower), berjumlah 31, berwarna kuning emas yang terpilin. Jumlah 31 melambangkan tanggal lahir Unsri pada tanggal 31 Oktober 1960 dan warna kuning emas melambangkan keagungan Sriwijaya. Mahkota bunga yang terpilin ke kanan yang mengakibatkan ujung kelopaknya mengarah ke kiri dimaksudkan bahwa Universitas ini berjalan seirama dengan perputaran jaman.
  • Cahaya melambangkan ilmu pengetahuan, yang menerangi jagad, menunjukan bahwa hanya dengan ILMU ketidaktahuan dapat ditiadakan. Ilmu digambarkan dengan cahaya (nur) sebanyak 60 pancaran sinar dengan 10 sinar besar, berarti bulan Oktober 1960.
  • Kata-kata UNIVERSITAS SRIWIJAYA ditulis dengan huruf putih di atas dasar hitam yang menlingkar di dalam bunga seruni. Hitam melembangkan ketidaktahuan. Dengan adanya cahaya, ketidaktahuan dapat ditiadakan, yang lambangkan dengan huruf putih pada kata-kata UNIVERSITAS SRIWIJAYA menandakan Unsri sebagai gudang ilmu
  • Motto ILMU ALAT PENGABDIAN ditulis dengan huruf berwarna emas di atas dasar hitam yang terletak dalam selendang dibagian bawah lambang. Motto ini melambangkan bahwa manusia wajib mengabdi kepada Tuhan, negara , bangsa, masyarakat dan keluarga. Pengabdian yang tidak disertai dengan ilmun pengetahuan tidaklah sempurna.

Makna lambang

Unsri sebagai milik bangsa Indonesia yang berfalsafah hidup Pancasila selalu dengan penuh daya dan dinamika meningkatkan ilmu pengetahuan guna memerangi ketidaktahuan yang merupakan penghalang bagi masyarakat bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita masyarakat adil dan makmur serta dalam ridho Tuhan Yang Maha Esa.

VISI UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Visi Universitas Sriwijaya pada tahun 2020 adalah "Universitas Sriwijaya pada dasawarsa kedua abad ke-21 merupakan perguruan tinggi termuka di Indonesia yang berbasis riset, memiliki keunggulan di berbagai cabang ilmu, khususnya di bidang pengembangan sumber daya alam, untuk menghasilkan manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, berakhlak tinggi, berbudaya, bersemangat ilmiah, dan menguasai serta mampu mempergunakan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan kesenian untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia".

MISI UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Untuk mewujudkan visinya, Unsri menyusun misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pendidikan tinggi dalam upaya menghasilkan manusia terdidik yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan iptek dan/atau kesenian;
  • menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pendidikan tinggi dalam rangka menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model, informasi baru atas cara kerja baru, yang memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau kesenian;
  • menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan sebagai upaya memberikan sumbangsih demi kemajuan masyarakat; dan
  • menyelenggarakan pendidikan tinggi yang modern dan efisien.

 

TUJUAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mandiri sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
  • menghasilkan tenaga terdidik dan terlatih yang terampil dan andal untuk menopang pembangunan bangsa;
  • menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model, atau cara kerja baru yang akan memperkaya ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian;
  • menghasilkan teknologi unggulan yang handal, serta teknik produksi teruji dan tepat guna untuk dimanfaatkan masyarakat;
  • menghasilkan kajian kesenian, karya seni serta menyelenggarakan kegiatan kesenian untuk meningkatkan estetika bangsa;
  • meningkatkan peran sebagai pusat pengembangan dan penafsiran ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, kesenian dan olahraga;
  • meningkatkan peran aktif dalam membantu pemerintah dan masyarakat melalui lembaga-lembaga terkait di Unsri; dan
  • meningkatkan kinerja yang relevan, bertanggung jawab, terpadu, berkelanjutan dan efisien dalam melaksanakan otonomi perguruan tinggi.

 

STRATEGI DAN PENGEMBANGAN UNSRI MENUJU TAHUN 2020

Dengan memperhatikan isu strategik utama secara nasional dan dikaitkan dengan hasil kajian lingkungan internal dan eksternal, didapatlah strategi pengembangan yang dilaksanakan Unsri menuju Visi 2020, sebagai berikut:

  1. Pengembangan Unsri sebagai pusat pendidikan;
  2. pengembangan Unsri sebagai pusat penghasilan, penyimpan dan penyebarluas ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan informasi bagi masyarakat;
  3. pengembangan kelembagaan dan organisasi;
  4. pengembangan SDM;
  5. pengembangan kemahasiswaan;
  6. pengembangan kerjasama dengan dunia bisnis, industri, instansi dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri;
  7. pengembangan kampus.

Strategi pengembangan di atas dituangkan ke dalam berbagai program pengembangan yang pada dasarnya terdiri dari tiga program induk pengembangan, sbb:

  1. Program Induk pemetaan sistem pendidikan tinggi.
  2. Program induk peningkatan relevansi dan mutu.
  3. Program induk pemerataan akses pendidikan tinggi

 

LOKASI KAMPUS UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Universitas Sriwijaya memiliki dua buah kampus yaitu kampus yang terletak yang terletak di Jalan Raya Palembang-Unsri KM 32 Inderalaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan dan kampus yang terletak di Jl. Srijaya Negara Bukit Besar Palembang 30139. Kampus Bukit Besar Palembang luasnya 32,5 hektar saat ini selain dimanfaatkan untuk kegiatan akademik S0, S2 dan S3, juga diperuntukan bagi Program Ekstension S1 dan Program Pascasarjana.

Kampus Utama Inderalaya dengan luas 712 hektar terletak 38 kilometer ke arah selatan kota Palembang, merupakan Pusat Kegiatan Pendidikan untuk jenjang Sarjana (S1). Di kampus Inderalaya juga terdapat Kantor Pusat Administrasi (KPA), Perpustakaan Pusat, Lembaga Bahasa, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Pusat Komputer, Pusat Kegiatan Mahasiswa, Pusat Kesehatan Komunitas, Klinik Kesehatan, dan Stasiun Pemadam Kebakaran Universitas.

Unsri juga mempunyai Kebun Percobaan seluas 50 hektar di daerah Gelumbang (62 kilometer di selatan Palembang), Unsri juga memiliki Kampus Fakultas Kedokteran di Kompleks Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang, dan Kampus Pascasarjana di jalan Padang Salasa Bukit Besar Palembang.

Universitas Sriwijaya
Jln. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan 30662
Phone: +62 711 580169, 580069, 580129, 580275, 580645
Faximile: +62 711 580644
Website: http://www.unsri.ac.id

Last Updated on Friday, 17 September 2010 15:17